Berapa Batas Tinggi Manusia


Pernahkah waktu kita kecil sering  disuruh minum susu dan makan sayuran banyak biar kita bisa tumbuh tinggi kayak layaknya jerapah,  beberapa dari kita walaupun sudah banyak minum susu tetap tidak bertambah tinggi ada yang bilang faktor keturunan.

Sebetulnya seberapa tinggi sih manusia bisa tumbuh dijaman ini? dan Apakah kita beneran bisa tumbuh seperti jerapah tingginya?  faktanya tidak bisa karena nyatanya kalau mengukur orang yang tertinggi di dunia yang masih hidup ini tingginya itu bisa sampai 251 cm (Sultan kolsen) itu artinya lebih tinggi dari manusia rata-rata di dunia.


Meskipun tinggi tentu saja masih jauh daripada tinggi jerapah tapi apa yang bisa bikin dia menjadi tinggi diatas rata-rata dan kenapa kita nggak bisa tumbuh tinggi?,  ternyata karena tumor (Agromegalic Gigantism) yang tumbuh otaknya, tumor ini bikin tumbuhnya tambah tinggi karena terus-terusan menghasilkan hormon yang bikin tingginya bertambah pertumbuhan gak berhenti-berhenti.

Inilah yang akan membahayakan hidupnya nyatanya tinggi manusia itu memang ada batasnya, apa batasnya?  jadi tinggi maksimal kita itu dibatasin sama hukum fisika dasar yang namanya Square cube law simpelnya jika kita tumbuh tidak cuma makin tinggi tapi juga makin lebar dan  bobotnya pun jauh lebih besar dan disinilah masalah yang dihadapi si Jangkung tadi, tulangnya tidak kuat menahan beban badannya dibutuhkan alat untuk berdiri dan menurut penelitian John wass jika ketinggian kita 2,7 meter kita akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari karena otot kita akan kesulitan buat gerakan badan kita.


Dan akibatnya jantung kita tidak  akan bisa memompa darah keseluruh tubuh makanya tubuh yang kelewat tinggi bukannya jadi keren, jika  tingginya berlebihan itu malah bisa malapetaka faktanya dunia ini sudah dibuat  sedemikian rupa buat rata-rata tinggi kita, karena jika tingginya sudah kelewat batas akan sulit buat beraktivitas.

Selain itu akan kesulitan pula mendapatkan pakaian dan sepatu bahkan bersosialisasi tubuh terlalu tinggi juga akan menjadi pusat perhatian buat orang-orang disekitarnya.

Subscribe to receive free email updates: